Tanggal
10 Januari 2007 yang lalu, telah ditandatangani kesepakatan kerjasama
antara Dirjen Pendidikan Luar Sekolah Depdiknas (PLS Depdiknas) dengan
Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (ASAHPENA). Kesepakatan
tersebut ditandatangani oleh Ace Suryadi, Ph. D (Dirjen PLS Depdiknas)
dan Dr. Seto Mulyadi (Ketua Umum ASAHPENA). Berikut ringkasan isi
kesepakatan yang meningkatkan pengakuan dan eksistensi homeschooling di
Indonesia.
KESEPAKATAN
KERJASAMA Dirjen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Depdiknasdan
ASAHPENANomor: 02/E/TR/2007Nomor: 001/I/DK/AP/07Tanggal: 10 Januari
2007Tentang: Pembinaan dan Penyelenggaraan Komunitas SekolahRumah
sebagai Satuan Pendidikan KesetaraanTandatangan:
Ace Suryadi, Ph.D, Dirjen Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Departemen Pendidikan Nasinal (Depdiknas)
Dr. Seto Mulyadi, Ketua Umum Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif Indonesia (ASAHPENA) Tujuan:
Meningkatkan kuantitas dan kualitas SekolahRumah untuk memperluas akses pendidikan dasar 9 tahun jalur pendidikan nonformal (Paket A dan Paket B);
Dr. Seto Mulyadi, Ketua Umum Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif Indonesia (ASAHPENA) Tujuan:
Meningkatkan kuantitas dan kualitas SekolahRumah untuk memperluas akses pendidikan dasar 9 tahun jalur pendidikan nonformal (Paket A dan Paket B);
Memperluas
akses pendidikan menengah jalur pendidikan nonformal melalui komunitas
Sekolahrumah dan pendidikan alternatif; Meningkatkan mutu, relevansi dan
daya saing penyelenggaraan sekolahrumah dan pendidikan alternatif;
Meningkatkan kerjasama antara kedua belah pihak serta lembaga-lembaga
penyelenggara sekolahrumah dan pendidikan alternatif yang terkait
lainnya.
Ruang Lingkup kerjasama:
- Pendataan dan pengadministrasian sasaran program Sekolah rumah, Sosialisasi program Komunitas Sekolahrumah sebagai satuan Pendidikan Kesetaraan;
- Penyiapan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia pendukung program Sekolahrumah;
- Penyiapan dan pengembangan kurikulum, bahan ajar, dan penialain hasil belajar program Sekolahrumah;
- Bimbingan teknis, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program Sekolahrumah Tugas dan Tanggung Jawab Depdiknas;
- Menyiapkan acuan, kriteria, dan prosedur yang terkait dengan Komunitas Sekolahrumah sebagai satuan Pendidikan Kesetaraan;
- Memberikan bimbingan teknis dan evaluasi terhadap penyelenggaraan;
- Komunitas Sekolahrumah sebagai satuan Pendidikan Kesetaraan;
- Memberikan pengakuan dan perlindungan terhadap penyelenggaraan;
- Komunitas Sekolahrumah sebagai satuan Pendidikan Kesetaraan;
- Melaksanakan bimbingan teknis, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan untuk;
- mengendalikan mutu Komunitas Sekolahrumah;
- Memberikan rekomendasi/ijin keberadaan Komunitas Sekolahrumah sesuai prosedur.
Tugas dan Tanggung Jawab AsahPena :
- Melaksanakan pendataan dan pengadministrasian calon/peserta didik dan keluarga penyelenggaran Sekolahrumah;
- Menyiapkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang diperlukan;
- Menyediakan sumberdaya sarana-prasarana pendukung pembelajaran;
- Menyelenggarakan Komunitas Sekolahrumah sebagai satuan Pendidikan Kesetaraan sejenis;
- Melakukan pemantauan, evaluasi, dan pembinaan serta pelaporan secara berkala tentang Komunitas Sekolahrumah;
- Memfasilitasi peserta didik Komunitas Sekolahrumah untuk dapat mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Ijazah Pendidikan Kesetaraan dan diakui sebagai ijazh yang dapat digunakan untuk masuk sekolah/pendidikan formal, termasuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Pembiayaan :
Pembiayaan
penyelenggaraan Komunitas Sekolahrumah ditanggung oleh masyarakat yang
dikoordinasikan pihak kedua, sedangkan pihak pertama dapat memfasilitasi
perluasan akses dan peningkatan mutu sesuai denagn peraturan yang
berlaku